UMKM Lambar Naik Kelas, Tepung Pisang Di Sulap Menjadi Beraneka Ragam Jenis Kue

LampungBarat-Pisang memiliki rasa yang manis,Buah satu banyak sekali manfaatnya zat gizi yang terkandung pada pisang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kabupaten Lampung Barat selain sebagai Kabupaten penghasil kopi juga merupakan salah satu daerah penghasil pisang,Saat ini pisang merupakan salah satu hasil pertanian yang dimanfaatkan untuk membuat roti kue tepung dan olahan lainnya yang berbahan baku dari pisang.

Kelompok wanita Tani Pekon Marga Jaya Kecamatan pagar Dewa berinovasi membuat tepung pisang sebagai bahan baku utama untuk membuat beraneka ragam jenis kue dengan memperdayakan masyarakat sekitar

Marsonita pemilik “Saung Mae” kepada media menjelaskan, Untuk Pengolahan tepung pisang Sangat mudah mudah sekali prosesnya.

Baca Juga  Diduga Kurang Koordinasi, Pengerjaan Drainase Di Kecamatan Way Tenong Rusak Pipa Transmisi PDAM Limau Kunci.

” Kalau cuaca panas membuat Granul (tepung pisang) membutuhkan waktu 1 hari satu hari sudah kering”.kata Marsonita

Hal yang melatar belakangi marsonita beserta ibu-ibu Pekon Margajaya membuat tepung pisang adalah saat mereka bergabung dalam kelompok wanita Tani.

“Yang melatarbelakangi kami membuat tepung pisang saat bergabung dengan kelompok wanita Tani (KWT), tapi kami hanya memproduksi tepungnya saja”lanjutnya

Setelah kami memproduksi ternyata permintaan tepung itu tidak banyak ya karena memang mungkin belum banyak yang tahu akan kegunaan tepung pisang tersebut

“Akhirnya kami membuat membuat inovasi Bagaimana kalau kita pasarkan dalam bentuk kue” ujarnya.

Selanjutnya setelah dipasarkan dalam bentuk kue luar biasa peminatnya, akhirnya ya sampai sekarang kami mengolah turunan tepung itu menjadi kue dan untuk tepungnya sendiri saya serahkan ke kelompok ataupun ke petani-petani pisang.

Baca Juga  Kompol Ery Hafry :Sentra vaksinasi 1,2 Dan  3 (Booster) Kita Tempatkan Di Masjid, Dan Menyasar Masyarakat Yang Melaksanakan Ibadah Ramadhan.

“Dari tepung itu kami mencoba mengolah menjadi kue nastar, kue mentega, kue kacang, terus untuk kue basahnya bisa dijadiin bolu brownies pokoknya semua kue yang terbuat dari tepung terigu kita bisa ganti dengan tepung pisang”terangnya

Terus dari batangnya sendiri dari bonggolnya pun saya mengolah untuk saya jadikan gudeg, ternyata juga banyak peminatnya dari jantungnya jantung pisang itu saya mengolah menjadi AbonJantung

“Kebetulan beberapa bulan yang lalu kita juga pernah ya diundang ke Jakarta untuk memamerkan produk-produk UMKM dari olahan pisang, dari inovasi ibu ibu dengan berbagai macam olahan pisang mampu memberdayakan masyarakat untuk membuat tepung dan berbagai macam olahan lainya”jelasnya.

Baca Juga  Hobi Pelihara Burung, Sarbi Raup Untung Jutaan Rupiah Dari Burung

Alhamdulillah ya kalau dari pihak pekon Kecamatan maupun Puskesmas kalau ada acara-acara baik acara-acara lokal maupun acara lainya selalu menyelipkan kue-kue dari UMKM, Kecamatan pagar Dewa yang terkenal akan tepung pisangnya, kepada Dinas Koperasi Dan Perindustrian (Diskoperindag) Lampung Barat, Pak Budiono yang sekarang menjabat Sekcam Sekincau kami ucapkan terima kasih atas segala bimbingan dan pembinaannya terhadap kami.

“Mudah-mudahan nanti kedepannya mampu mendongkrak perekonomian warga, walaupun mungkin belum seberapa tapi menghasilkan”harapnya.

(Sam/Roni).

Silahkan Login