Pondok Romadhon SDN Panti 03 Selama 6 Hari Ditutup Dengan Buka Puasa Bersama

Sinopsis.co.id, JEMBER – 6 April 2024.
Pondok romadhon 1445 H UPTD Satuan Pendidikan SDN Panti 03 yang berlangsung selama enam (6) hari dari tanggal 1 – 6 April 2024 ditutup pada hari ini Sabtu, 6 April 2024 dengan acara buka puasa bersama dan kultum oleh ketua komite sekolah bapak Sulaiman.

Silahtur Ruhmi,SPd selaku kepala sekolah SDN Panti 03 menyampaikan bahwa pondok romadhon merupakan bagian tak terpisahkan dari program penguatan profil pelajar Pancasila (P5) yaitu penguatan nilai-nilai keagamaan siswa. Adapun peserta pondok Romadhon 1445 H ini berjumlah 110 siswa dari kelas 4 sampai kelas 6 dengan aneka kegiatan diantaranya khotmil Qur’an, berbagi takjil dan buka puasa bersama,ungkap Silahtur Ruhmi.

Baca Juga  VPN USA - Why You Should Use a VPN Server

Sementara itu ketua komite sekolah SDN Panti 03, Sulaiman saat menyampaikan kultum berbuka puasa bersama menyampaikan bahwa puasa romadhon hukumnya wajib bagi ummat muslim untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT sesuai dengan firmannya dalam Al Qur’an Surat Al Baqoroh 183 :
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَا مُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ
yaaa ayyuhallaziina aamanuu kutiba ‘alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba ‘alallaziina ming qoblikum la’allakum tattaquun.

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 183)

Lebih lanjut Sulaiman menyampaikan bahwa momen pondok romadhon SDN Panti 03 ini merupakan acara tahunan untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan iman taqwa (Imtaq) serta memberikan pengetahuan keagamaan guna menanamkan jiwa akhlakul karimah dan kepedulian terhadap sesama, pungkas Sulaiman.

Baca Juga  Sistem Merit ASN, SISTEM Kompetensi Jenjang Karir ASN Antara Pusaran Kepentingan Kekuasaan

Kabiro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login