Penguatan Kelembagaan Bursa Kerja Khusus ( BKK) SMK Mamba’ul Ulum Sukowono Gandeng Disnaker Jember

Sinopsis.co.id, JEMBER – 8 Juli 2024.
SMK Mamba’ul Ulum Sukowono menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan SMK yang siap mencetak tenaga kerja berkompeten dan profesional dengan memfasilitasi adanya bursa kerja khusus (BKK) bersinergi kolaborasi dengan Disnaker Kabupaten Jember. Orientasi SMK adalah mencetak tenaga kerja yang kompeten dan profesional sehingga BKK SMK Mamba’ul Ulum Sukowono perlu penguatan kelembagaan yang diurus secara keorganisasian bukan perorangan dengan bekerja sama Disnaker kabupaten Jember.

Kadisnaker Jember Drs.Suprihandoko,MM kepada media Sinopsis usai memberikan arahan motivasi di SMK Mamba’ul Ulum Sukowono menyampaikan harapannya Bursa Kerja Khusus (BKK) Mamba’ul Ulum dikelola profesional sehingga nantinya setiap jurusan yang ada betul-betul tercetak tenaga kerja kompeten, profesional, memiliki etos kerja yang baik, memiliki kreatifitas, inovatif serta memiliki daya saing sehingga nantinya bisa membangun sinergi kolaborasi akselerasi secara umum bisa berpartisipasi dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Jember,ungkap Suprihandoko.

Baca Juga  Camat Sukorambi Ngobras Bareng Kades Klungkung, Pegiat UMKM dan Pokdarwis Desa Klungkung di Nggirsungai Klungkung

Disnaker Jember memprioritaskan penguatan kelembagaan BKK, setelah kelembagaan kuat nantinya melalui SMK nya bisa melakukan MOU dengan perusahaan sebagai implementasi program link and match. Harapannya terkait pembiayaan untuk peningkatan kompetensi SDM sesuai standar kebutuhan tenaga kerja didunia usaha dan industri bisa link and match.

Peserta Penguatan Kelembagaan BKK SMKS Mambaul Ulum bersama Kadisnaker Jember, Drs.Suprihandoko,MM
Peserta Penguatan Kelembagaan BKK SMKS Mambaul Ulum bersama Kadisnaker Jember, Drs.Suprihandoko,MM

Menurut Suprihandoko Kadisnaker Jember, berdasakan PMK 128 tahun 2019 : “perusahaan bisa dikurangi setoran pajak penghasilan brutonya apabila melakukan peningkatan kompetensi SDM lokal”. Dengan adanya PMK 128 tahun 2019 ini harapannya bisa menyambungkan antara SMK pencetak tenaga kerja profesional dengan dunia kerja. Profesional tetapi kalau tidak nge-link dan match dengan kebutuhan tenaga kerja ya tidak bisa maksimal. Oleh karena itu kita harus kuatkan kelembagaan BKK dan menyambungkan denga dunia usaha,pungkas Suprihandoko

Baca Juga  Talkshow Kerelawanan PMR UIN KHAS Jember, Mahasiswa Antusias, Siap, Sigap dan Tanggap

Sementara itu Rohman,M.PdI menyampaikan bahwa dengan eksisnya kelembagaan BKK di SMK Mambaul Ulum menjadi pemacu semangat lembaga untuk terus memicu keterserapan lulusan yang terampil, kompeten dan professional.

SMK Mambaul Ulum merupakan sekolah swasta dibawah naungan yayasan pondok pesantren Mambaul Ulum dengan 2 jurusan, pertama bisnis daring & pemasaran desain, kedua desain dan produksi busana. Alhamdulillah jurusan tata busana ini mendapat berkah bantuan SMK pusat keunggulan skema reguler baru dari kementerian tahun 2023, dan tahun 2024 ini mendapat bantuan SMKPk skema lanjutan yang salah satu targetnya meningkatkan SDM GTK dan mempersiapkan 10 siswa magang ke Jepang.

Harapan kami dengan bekerjasama DISNAKER dan telah terbitnya piagam BKK maka kedepan kita akan mempermudah dalam komunikasi keterserapan lulusan, pelatihan kerja dan magang diperusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Dengan kerjasama Disnaker Jember kita mempersiapkan agenda besar lembaga ke depan, terutama di bulan Agustus kita akan melaksanakan JOB FAIR mengundang minimal 16 perusahaan bertaraf nasional, pungkas Rohman,M.Pd.I.

Baca Juga  Muspika, Kades Silo dan Perangkat Desa SiloTerjun Langsung Atasi Banjir Sekitar Pasar Silo

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login