Penerbangan Perintis dan Carter Flight Layanan Prima Bandara Notohadinegoro Jember

Sinopsis.co.id, JEMBER – 4 April 2024.
Dengan Potensi Jember sebagai kota pendidikan dimana ada UNEJ, UIN KHAS, UNMUH, POLTEK dan potensi Agrobisnis terutama Cerutu seperti Bobin, BIN Cigar sebenarnya peluang besar untuk mengembangkan bandara Notohadinegoro Jember.

Pada era sebelum pandemi covid 2019 maskapai besar pernah beroperasi di Bandara Notohadinegoro Jember seperti Garuda, City Link, Wing Air mengoperasikan pesawat berbadan menengah dengan rute Jember Surabaya. Tetapi faktanya pasca pandemi maskapai besar tidak kembali ke Jember.

Edi Purnomo selaku kepala UPT Bandara Notohadinegoro Jember menyampaikan penyebabnya bukan karena faktor menurunnya perekonomian di Jember, tetapi dari segi bisnis penerbangan banyak maskapai besar berpindah keluar jawa karena potensi penumpang diluar jawa lebih besar yang disebabkan sarana transportasi darat dan laut tidak sekomplek selengkap Jawa dimana jalan tol, jalur kereta api sudah hampir tersambungkan sehingga biaya transportasi darat lebih murah, lebih banyak membawa penumpang dengan biaya operasional lebih murah jika dibandingkan dengan biaya pesawat yang komponennya dari luar negeri semua, ungkap Edi Purnomo.

Baca Juga  Penemuan ARCA SPEKTAKULER di Arjasa Jember

Lebih lanjut Edi Purnomo menyampaikan sebagai PNS tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jember. Dishub Jember berupaya mendapatkan rute penerbangan perintis dari pemerintah yang dikelola oleh Korwil Sumenep dimana Bandara Trunojoyo Sumenep dikelola oleh pemerintah pusat. Alhamdulilah pada awalnya mendapatkan 1 hari bertambah menjadi 2 hari rute penerbangan seiring kebutuhan masyarakat madura di wilayah tapal kuda Jember, Bondowoso, Situbondo yaitu tiap hari Selasa dan Rabu dengan rincian biaya :
Jember – Sumenep = Rp 242.000
Sumenep – Jember = Rp 247.000.

Selain penerbangan perintis Bandara Notohadinegoro juga melayani penerbangan carter ( CHARTER FLIGHT) yang dilaksanakan oleh maskapai penerbangan NUMA (Numpak Mabur). Penerbangan carter ini melayani kostumer dengan rute perjalanan sesuai dengan permintaan pelanggan bisa antar jemput, tidak ribet tidak banyak prosedur yang penting administrasi selesai.

Baca Juga  PROGRAM INOVATIF KREATIF : Program Sedekah Sayur Bagi Masyarakat Sangat Menyentuh Di Desa Dukuh Mencek Kec Sukorambi.

PT NUMA (Numpak Mabur) selain melayani penerbangan penumpang juga melayani penerbangan rekreasi ataupun pra wedding seperti foto udara. Untuk beroperasinya CHARTER FLIGHT ini direncanakan beroperasi setelah lebaran karena masih melengkapi dokumen administrasi di Dirjen Perhubungan Darat, pungkas Edi Purnomo.

Kabiro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login