BKAT Tubaba Kembali Mengadakan Bimtek Di Ikuti 93 Tiyuh .

Jumlah Pembaca

: 235 Pembaca

TUBABA, sinopsis.co.id – Sebanyak 93 kepalo Tiyuh-Desa kembali mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Pembinaan, Pengawasan dan pelaporan serta pertanggungjawaban dana -desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

Diketahui Hadir sabagai narasumber pada Bimtek, Kasi Intel, Kasi Pidsus, dan Kasi Datun Kejaksaan Negeri Tulang Bawang Barat, yang melibatkan Dinas Pember dayaan Masyarakat Tiyuh (DPMT)Tubaba, serta Dirjen Pemdes Provinsi Lampung.

Berdasarkan informasi yang didapat kegiatan Bimtek,dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 2-4 oktober yang di selenggarakan oleh pihak ketiga Badan Kerjasama Antar Tiyuh (BKAT) Kabupaten Tubaba. berlangsung di Golden Tulip Springhill Bandar Lampung pada minggu (2/10/2022).

Sementara Dalam kesempatan Bimtek tersebut Zaidirina PJ Bupati Tubaba, dalam sambutannya berharap pembangunan Tiyuh adalah pemberdayaan sebagai suatu nilai operasional, Pemandu, Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang di dalamnya terkandung kesadaran akan pentingnya peran kapasitas manajeral aparatur dan lembaga pemerintahan Tiyuh.

Baca Juga  Cabuli Anak Tirinya Hingga 10 Kali, YM Dibekuk Unit Reskrim Polsek Sumber Jaya.

” Kita menginginkan Dalam mewujudkan harapan pelaksanaan perencanaan, pengawasan, pemanfaatan, dan pembangunan Tiyuh. Nilai pemberdayaan juga mengandung arti partisipasi keswadayaan dan kegotong-royong yang merupakan nilai luhur dan identitas masyarakat tiyuh,” pintanya.

Dia juga menambahkan bahwa Pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana secara optimal dalam pemerintahan dan pembangunan Tiyuh.

” Kegiatan Bimtek sangat penting untuk peningkatan kapasitas aparatur Tiyuh dan lembaga pemerintah Tiyuh, yang diharapkan dapat melakukan inovasi dalam mencari Sumber-sumber baru dan menggali potensi Tiyuh yang ada dan mengelolanya, guna meningkatkan pendapatan Tiyuh yang sah,” pintanya.

Menurut PJ Bupati Tubaba juga mengulas pihaknya sangat mendukung kegitan tersebut untuk penguatan dan peningkatan fungsi seluruh aparat Tiyuh diharapkan dalam rangka pemberdayaan dan pembangunan desa, meningkatkan SDM Aparatur Tiyuh.

Baca Juga  Mengikuti Era Digitalisasi, Biro Kupas Tuntas Tubaba Dirikan Kantor Global Office Virtual

” Kegiatan Bimtek ini sangatlah penting upaya mendorong pengoptimalan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan pengetahuan Kepalo Tiyuh dan Aparaturnya merupakan sebuah bentuk kemajuan Tiyuh di Tubaba,tuturnya.

PJ Bupati tubaba itu juga menyatakan melalui kegiatan Bimtek nantinya apa yang diberikan oleh BKAT bisa bermanfaat dan dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

” Atas nama pemkab tubaba mengucapkan terimakasih kepada BKAT atas pelaksanaan bimbingan teknis wujud komitmen Pemkab dengan harapan besar mampu menggerakkan perekonomian Tiyuh yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat Tiyuh makin meningkat,” pungkasnya.

Sementara kepala Dinas pemberdayaan masyarakat Tiyuh (PMT) ,Sofyan Nur,menyampaikan pihaknya berharap kepada 93 kepalo tiyuh peserta dapat mematuhi materi penjelasan Bimtek.

“Kami berharap agar BKAT, dan nararumber dapat memberikan pemahaman terkait bagai mana tatakelola pemerintahan serta tatakelola keuangan,” agar peserta bimtek dapat memahami dan mematuhi tentang cara tatakelola Dana-desa dengan baik dan benar secara transparan dan akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan,”tukasnya.

Baca Juga  Buka Seminar Optimalisasi Dan Tata Kelola, Bupati Parosil : Program Pemkab Lambar Yang Paling Utama "Semua Bisa Sekolah"

Hendarwan, Ketua Harian APDESI Tubaba menjelaskan Bimtek tersebut dijawalkan di gelar selama tiga hari simulai tanggal 2 – 5 Oktober 2022.Tujuannya, untuk memberikan pemahaman tentang Pembinaan, Pengawasan dan pelaporan serta pertanggungjawaban dana desa bagi aparatur, agar tidak melakukan tindakan melawan hukum dalam pengelolaan dana desa.

” Kegiatan ini sangat penting, untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi oleh kepala tiyuh,” sehingga realisasi anggaran dana desa setiap Tahun yang dikelola benar-benar digunakan sebaik mungkin untuk kemajuan tiyuh secara transparan dan akuntabel,”tutupnya. (AG)

Silahkan Login