Penghargaan Adiwiyata, Eco Pesantren, Desa Berseri, Proklim, Pusaka Tahun 2023 Oleh Wakil Bupati Jember,KH.M.Balya Firjaun Barlaman

Sinopsis.co.id, JEMBER – 20 Desember 2023.
Potensi sampah di Jember sangat besar dengan jumlah penduduk 2,6 juta menghasilkan sekitar 1.300 ton sampah jika tiap orang produksi sampah 0,5 kg tiap hari. Sampah yang diangkut DLH tiap hari 360 ton yang terbagi di 5 TPA yang ada dan terbesar TPA Pakusari sekitar 195 ton.

drh. Sugiyarto,S.Kh.MSi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember menyampaikan 2 langkah meminimalisir sampah yaitu :
1. Hilir
– Pengadaan alat pengolahan sampah tahun anggaran 2023 sejumlah 4 buah dengan kapasitas 30 ton/hari.
– Membentuk Bank Sampah dibawah naungan BSI sejumlah 90 BS pada tahun 2023.

2. Hulu
Mencetak generasi peduli dan berbudaya lingkungan hidup sebagai agen perubahan di masyarakat dengan Gerakan Sekolah Adiwiyata. Untuk tahun 2023 sejumlah 9 sekolah yang selanjutnya menjadi fasilitator atau pembina sekolah Adiwiyata untuk sekolah adiwiyata baru.
– Menggerakkan Desa /Kelurahan BERSERI, untuk tahun ini diraih kelurahan Mangli Kaliwates.
– Menggerakkan ECO PESANTREN,untuk tahun 2023 ada 2 pesantren yaitu pesantren Jalaludin Arrumi Jenggawah dan Pesantren Darussalam Tempurejo.
– Program Proklim atau Kampung iklim diantaranya Desa Darsono,Suci,Sukorambi, Panduman, dan Desa Seputih.
– Pusaka Lingkungan yaitu pemberian penghargaan kepada perusahaan yang amanah peduli lingkungan. Tahun 2023 ada 3 perusahaan diantaranya PT IMASCO, PT Delta Tanjung Sukses Gumukmas dan Anugerah Tanjung Gumukmas.

Baca Juga  Jember Fishing Tourism 5 Di Papuma Diharapkan Mampu Menumbuhkan Multi Player Effect Ekonomi Berkelanjutan.

Sementara itu Wakil Bupati Jember KH.M.Balya Firjaun Barlaman menyampaikan selamat dan sukse kepada sembilan (9) sekolah yang mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata tahun 2023 dan 1 sekolah yang mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Timur serta 4 sekolah pembina fasilitator Adiwiyata. Ucapan selamat dan sukses disampaikan kepada 3 perusahan yang sudah amanah peduli terhadap lingkungan. Selamat dan sukses juga disampaikan SMPN 1 Kencong sebagai delegasi asean eco school  dan 5 delegasi calon sekolah adiwiyata provinsi Jatim yaitu SMPN 1 Sumberbaru, SMPN 1 Tanggul, MTs Baitul Hikmah Tempurejo, SMKN 1 Jember dan SMKN 5 Jember

Lebih lanjut Wakil Bupati Jember KH. M.Balya Firjaun Barlaman menyampaikan agar peraih sekolah Adiwiyata untuk terus meneningkatkan gerakan peduli berbudaya lingkungan hidup sekolah (GPBLHS) ditingkatkan ketingkat Propinsi dan Adiwiyata Mandiri,pungkas Wakil Bupati M.Balya Firjaun Barlaman.

Baca Juga  Monitoring Kebakaran Hutan Lereng Gunung Argopuro Panti Bersama Koramil 0824/14 Panti

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login