Sekolah Pertama Dibawah KEMENAG Yang Lolos Sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember Tahun 2023.

Sinopsis.co.id, JEMBER – 17 November 2023.
MTSN 7 Jember merupakan sekolah dibawah naungan Kemenag yang pertama lolos sebagai sekolah Adiwiyata tahun 2023. KS MTs Negeri 7 Jember Ihsanudin,SPd.MPd menyampaikan persiapan bahwa Adiwiyata sudah 2 tahun lalu. Pada Maret 2022 bertugas di MTs Negeri 7 sudah ada SK terkait Adiwiyata yang di ttd KS lama Nur Aliyah,MPd dan saya tindaklanjuti. Tentunya sudah banyak yang dilakukan terkait Adiwiyata terutama perubahan mindset perilaku peduli lingkungan.

Persepsi awal terkait Adiwiyata itu muahal,namun setelah team penyuluh DLH Mentik Andayani,SH datang bersama team ternyata gerakan yang ada di MTSN 7 sudah beradiwiyata seperti gerakan literasi,gerakan 5S, gerakan kampanye kebersihan sebagian dari iman, tinggal kita input saja gerakan yang ada. Madrasah menyiapkan pelayanan BERMUTU, AMAN, NYAMAN, BERSIH, INDAH dan HARMONIS sehingga menjadi harapan semua stake holder MTSN 7 untuk ikut Adiwiyata apalagi situasi lingkungan sampai suhu 34 derajat sedang tidak baik-baik saja,ungkap Ihsanudin,MPd.

Baca Juga  Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Kecamatan Kaliwates Meriah dan Sukses.

Lebih lanjut Ihsanudin,MPd menyampaikan untuk menyelamatkan lingkungan tidak ada cara lain melalui ADIWIYATA terutama membangun karakter budaya peduli lingkungan bukan membangun visi sesuai makna huruf ADIWIYATA antara lain :
A = ambil dan bersihkan sampahnya.
D = dipilih, dipilah dan diolah
I = Irit menggunakan air dan energi
W = wajib menanam dan memelihara tanaman.
I = Intensif dalam memilih makanan sehat
Y = yang dikemas bahan ramah lingkungan
A = asap rokok dan kendaraan dikurangi
T = Tata kelola madrasah yang baik dan bersih
A = ajak masyakat untuk berpartisipasi.

Sementara itu Anang Widayat,SE Pengelola Bantuan Pendidikan Seksi Penma mewakili Kasi Penma Faisol Abrari,MPd yang berhalangan hadir menyampaikan penilaian Adiwiyata ini berdasarkan usulan Madrasah tentunya sudah siap untuk dinilai termasuk RPP dan semua juknis terkait Adiwiyata. Satu hal yang terpenting bukan masalah penghargaannya tetapi bagaimana gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup itu dilaksanakan tiap harinya.

Baca Juga  Taburan Bintang dilangit SMAN 2 JEMBER

Berdasarkan penilaian dokumen 01 terkait RPP ada catatan kecil yang perlu dibenahi yaitu RPP Matematika belum ditandatangani. Selain itu ketika mengupload file perlu diteliti kembali karena ada file yang tidak bisa terbaca antara lain Mapel Qurdis, mapel IPA dan IPS, Pungkas Anang Widayat,SE.

Sedangkan Mentik Andayani,SH selaku penyuluh lingkungan DLH mewakili Kabid Tata Lingkungan menyampaikan untuk menjadi sekolah Adiwiyata butuh waktu dan tenaga untuk mewujudkan niat karena sekolah menyiapkan minimal 1 tahun sebelum mengajukan penilaian. Dalam kurun waktu satu tahun diharapkan sudah tercipta karakter pada semua warga sekolah untuk berprilaku ramah lingkungan.

Untuk tahapan penilaian Adiwiyata Mentik Andayani,SH menyampaikan
1. Sekolah mengajukan permohonan untuk dilakukan penilaian dengan mengupload administrasi di google form
2. Mengirim dokumen melalui google drive. Penilaian substansi ada nilai minimal untuk CSAK yaitu nilai 70
3. Verifikasi lapangan

Baca Juga  Profil Kartini Jember : Perjuangan Yuli Inti, Single Mom Untuk Pendidikan Sang Buah Hati Sampai S2

Penilaian dilakukan secara terbuka, valid, konsisten, obyektif, dan terintegrasi melibatkan Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember berdasarkan SK BUPATI No.141 tahun 2023 yang melibatkan 4 unsur antara lain DLH, KEMENAG, Pemerhati lingkungan dan unsur media,pungkas Mentik Andayani.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login