Terapi Mencegah MAK CRUUT Untuk Lansia Di SELANTANG Griya Mangli Indah.

Sinopsis.co.id, JEMBER – 21 Oktober 2023.
Sekolah Lansia Tangguh atau SELANTANG adalah salah satu upaya pendidikan secara Non Formal yang dilakukan sepanjang hayat bagi lansia dengan kurikulum pembukaan, pertemuan dan penyampaian materi selama 12 sesi pertemuan dan di akhiri dengan acara wisuda.

Sekolah Lansia Tangguh yang dilaksanakan pada hari ini, Sabtu 21 Oktober 2023 di Perumahan Griya Mangli Indah Blok BE 02 dihadiri sekitar 40 lansia, Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Kaliwates S. Aritonang dan Kabid Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) DP3AKB Asrah Joyo Widono,S.Kep.SH.MSi.

Asrah Joyo Widono, S.Kep. SH. MSi kepada Media Nasional Sinopsis. co. id menyampaikan memberikan apresiasi kepada SELANTANG Griya Mangli Kaliwates karena selantang yang aktif di Kabupaten Jember hanya Kaliwates dan mendapatkan penghargaan dari Bupati Jember Ir.Hendy Siswanto,ST.IPU.

Baca Juga  PMR Wira SMAN 5 Jember Gelar Donor Darah dan Vaksinasi Menyambut Hari Relawan PMI Tahun 2023

Lebih lanjut Asrah Joyo Widono, S.Kep.SH.MSi menyampaikan keinginannya mengembangkan SELANTANG keseluruh kecamatan yang ada di Jember dan menarik kader SELANTANG Kaliwates menjadi trainer karena walau bagaimanapun lansia harus tetap produktif dan sehat. Jangan beranggapan lansia tidak berguna, justru lansia ini lebih berguna untuk mempertahankan dirinya sendiri dan memotivasi lansia yang lain, ungkap Asrah.

Asrah Joyo Widono menambahkan manfaat sekolah lansia tangguh (SELANTANG) adalah untuk mengoptimalisasi lansia untuk sehat, produktif dan memberikan kemampuan memotivasi generasi berikutnya sehingga tidak terjadi kemunduran dalam keluarga.

Dalam sekolah lansia tangguh ini diajarkan tentang 7 dimensi lansia yaitu 7 Dimensi Lansia Tangguh antara lain Dimensi Spiritual, Dimensi Intelektual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Sosial Kemasyarakatan, Dimensi Profesional dan Vokasional, dan Dimensi Lingkungan. Selain itu juga diajarkan 8 fungsi keluarga antara lain fungsi agama, cinta kasih, fungsi reproduksi, ekonomi, fungsi sosial budaya, perlindungan, pendidikan dan lingkungan, pungkas Asrah Joyo Widono.

Baca Juga  The advantages of Virtual Reality

Sementara itu KS SELANTANG Perum.Griya Mangli Indah Ibu Sri Indahtik Suhartini menyampaikan giat hari ini terkait kegiatan terapi mencegah Mak Cruut atau ngompol. Kegiatan seperti biasa 2 minggu sekali antara lain senam memperlancar peredaran darah, menyanyi mars Lansia, motivasi materi dari DP3AKB dan BKKBN.

SLANTANG ini harus bertemu untuk menyebarkan ilmu yang kita dapat, harus memotivasi dan praktek langsung guna kesehatan lansia. Agar produktif kegiatan lansia harus melalui pengembangan diri sendiri seperti hobi dan mengembangkan sesuai kemampuan lansia itu sendiri. Lansia kalau berdiam diri dirumah sendiri akan DIPRESSI /stress dan dengan berkumpul di sekolah lansia maka terjalin silaturrahmi memperpanjang umur, mendapatkan ilmu untuk diri sendiri dan orang lain, pungkas Sri Indahtik Suhartini

Baca Juga  Apel Siaga Pemilu 2024 dan Penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Di Kecamatan Sukorambi.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login