Maulid Nabi Muhammad SAW Di SDN SERUT 01 Panti, Sederhana,Hikmat dan Meriah Dengan Penceramah Ustad Yengki Pranata

Sinopsis.co.id, JEMBER – 9 Oktober 2023.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Serut 01 kecamatan Panti berlangsung sederhana namun meriah dihadiri oleh : tokoh masyarakat, komite sekolah, dewan guru, wali murid dan siswa siswa kelas 1 sd kelas 6 sejumlah 240 siswa.

Kepala sekolah SDN Serut 01 kecamatan Panti menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad dilaksanakan dengan anggaran seminimal mungkin dengan melibatkan wali murid namun tanpa mengurangi esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu agar siswa siswi bisa mengambil hikmah suri tauladan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad.

Serangkaian acara kegiatan diisi oleh keluarga besar SDN Serut 01 diantaranya tarian-tarian islami, hadrah ARSETO dan tak kalah menariknya yaitu ketika siswa siswa memperubutkan gunungan aneka buah dan makanan ringan, ungkap Suyono,SPd.

Baca Juga  SDN AJUNG 02 Kalisat Sekolah Pinggiran Tapi Prestasi Tak Kalah Dengan Sekolah Perkotaan

Sementara itu Ustad Yengki Pranata yang mengisi ceramah Maulid Nabi mengajak kepada siswa-siswi untuk meniru suri tauladan Rasululloh Muhammad SAW dalam kehidupannya karena dalam diri Nabi Muhammad SAW terkumpul sifat utama antara lain rendah hati, lemah lembut, jujur, tidak suka mencari-cari cacad orang lain, sabar, dan tidak angkuh, santun, dan tidak mabuk pujian. Nabi Muhammad SAW selalu berusaha melupakan hal-hal yang tidak berkenan di hatinya dan tidak pernah berputus asa dalam usaha. Ungkap Ustas Yengki Pranata.

Lebih lanjut Ustad Yengki Pranata menyampaikan dari sekian banyaknya suri tauladan Nabi Muhammad SAW ada 4 point keteladanan Nabi Muhammad yaitu :
1. Siddiq yang artinya benar, nabi Muhammad selalu menyampaikan kebenaran dan tidak pernah berbohong.
2. Amanah yang artinya dapat dipercaya.
3. Fatonah yang artinya Cerdas. Saat menghadapi tantangan atau cobaan selalu bisa memecahkan masalah.
4. Tabligh yang artinya menyampaiakan. Nabi menyampaikan apa yang harus disampaikan. Sebagaiman firman Alloh Surat Al Jin : 28 “Supaya Dia mengetahui bahwa sesungguhnya rasul-rasul itu telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya, sedang (sebenarnya) ilmu-Nya meliputi apa yang ada pada mereka dan Dia menghitung segala sesuatu satu persatu. Pungka Ustad Yengki Pranata.

Baca Juga  Amrulloh SH, MH. Pemerintah Kota Metro Bisa Berikan Kebijakan Untuk Tenaga Honorer

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login