Klarifikasi Isue Penggusuran Rumah Dinas Penjaga Sekolah SDN Dukuh Mencek 02 Kecamatan Sukorambi Oleh KS dan Pengawas Sekolah

Sinopsis.co.id, JEMBER – 23 Juli 2023.
UPTD Satdik SDN Dukuh Mencek 02 beralamat di Dusun Ampo Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember dengan kondisi rusak parah akhirnya mendapatkan solusi perbaikan atau rehab sekolah dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 dari pemerintah pusat.

Adanya isue yang berkembang bahwa sudah terjadi adanya penggusuran rumah dinas penjaga sekolah. Media Nasional Sinopsis.co.id melakukan konfirmasi ke pihak sekolah dihadiri antara lain : KS SDN Dukuhmencek 02 Halifah,SPd, Pengawas Sekolah Kecamatan Sukorambi Drs. Ruskanar Bambang Priyanto,MPd serta guru senior Siti Aminah,SPd dan kepala biro Jember Media Filesatu.co.id saudara Togas.

Kepala Sekolah SDN Dukuh Mencek 02 Halifah,SPd menyampaikan bahwa pada awal tahun 2023 sudah mendapatkan informasi bahwa SDN Dukuhmencek 02 mendapat bantuan DAK Pusat untuk :
1. Perbaikan ruang kelas sejumlah 6 kelas.
2. Ruang Laboratorium ukuran 7 x 8 m
3. Ruang UKS ukuran 3 x 7 m
4. Kamar mandi sejumlah 4 kamar.
Mendapat informasi ini kemudian dikonsultasikan ke Dinas Pendidikan termasuk persiapan lahan untuk laboratorium ukuran 7 x 8 meter yang harus merubah fungsi atau alih fungsi rumah dinas penjaga sekolah menjadi laboratorium.

Baca Juga  Bupati Jember Bersilaturrahmi Berkonsolidasi Bersama 20 Komunitas Relawan SAHABAT BUPATI JEMBER Bahas 3 Permasalahan Penting.
Kepala Sekolah SDN Dukuh Mencek 02 Halifah,SPd menyampaikan bahwa pada awal tahun 2023 sudah mendapatkan informasi bahwa SDN Dukuhmencek 02 mendapat bantuan DAK Pusat

Pada bulan Maret 2023 permasalahan ini dimusyawarahkan dengan penjaga sekolah disaksikan pengawas sekolah agar siap-siap untuk mencari kontrakan rumah karena setelah di observasi lahan untuk laboratorium diukur termasuk rumah dinas sehingga harus merubah fungsi rumah dinas menjadi ruang laboratorium.

Kami mendapatkan surat dari dinas pendidikan agar mengosongkan lahan dan disampaikan ke penjaga sekolah dengan respon positif dan menandatangani surat pernyataan untuk mencari rumah kontrakan sedangkan pihak sekolah membantu biayanya.

Lebih lanjut KS SDN Dukuhmencek 02 menyampaikan bahwa usulan Laboratorium dan rehap sekolah ini sudah lama sejak era KS sebelumnya. Sedangkan permasalahan alih fungsi rumah dinas tidak hanya terjadi di SDN Dukuhmencek 02 tetapi disekolah lain seperti SDN Dukuhmencek 01 dan SDN Dukuhmencek 04 untuk AULA. Kami berharap pendidikan di SDN Dukuhmencek 02 yang mempunyai rombel 7 dan jumlah siswa 155 ini semakin maju dan lebih baik apalagi pendidiknya sudah sangat berkompeten dan kebetulan saya pengajar praktek Guru Penggerak angkatan 7, pungkas Halifah,SPd.

Baca Juga  Betmotion app baixar aplicativo móvel para Android e iOS grátis Bookmaker Ratings

Pengawas sekolah Kecamatan Sukorambi dan Rambipuji Drs. Ruskanar Bambang Priyanto, M.Pd menyampaikan banyak terima kasih dengan adanya klarifikasi dan konfirmasi isue yang berkembang yaitu adanya pengusuran rumah dinas yang ditempati oleh Supandi selalu penjaga sekolah. Masalah isue penggusuran hanya salah persepsi saja. Saya mengikuti perkembangannya akan adanya bantuan DAK dan proses tahapannya sudah betul dan kami selalu komunikasi dengan pihak KS dan dinas pendidikan supaya setiap langkah kepala sekolah tidak melanggar aturan yang ada,ungkap Ruskanar Bambang.

Pengawas sekolah Kecamatan Sukorambi dan Rambipuji Drs. Ruskanar Bambang Priyanto, M.Pd menyampaikan banyak terima kasih dengan adanya klarifikasi dan konfirmasi sehingga masalah clear.

Ruskanar Bambang Priyanto mengharapkan rencana proyek ini segera dilaksanakan dan sukses sehingga muaranya nanti untuk peningkatan kualitas pendidikan di SDN Dukuh mencek 02 dan sekitarnya. Untuk itu setiap langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah selalu berkoordinasi dan konsultasi dengan dinas pendidikan.

Dan saya sudah beberapa kali ketemu tukang kebun dan kepala sekolah berkoordinasi. Artinya saya sangat berhati hati sekali supaya tidak ada ketersinggungan. Saya fahamkan betul bahwa ini proyek dari pemerintah yang patut kita bersyukur karena tidak semua sekolah mendapatkan bantuan DAK.

Baca Juga  Pelaku Ekonomi Kreatif UMKM Menyambut Positif Festival Burung Berkicau DANDIM DULUR CUP Ke 4 Dilapangan UNEJ

Apabila yang menjadi sasaran lahan rumah dinas maka demi kepentingan yang lebih besar kita harus patuh dan tunduk pada kepentingan yang lebih besar. Selaku pengawas sekolah saya bersama kepala sekolah juga memberikan pemahaman masih diberi waktu untuk mencari alternatif rumah kontrakan yang layak untuk penjaga sekolah dan beliau sudah mendapatkan tempat tinggal yang layak dibantu kepala sekolah terkait biaya untuk kontrak rumah tersebut,pungkas Ruskanar Bambang.

Ditempat terpisah Agus Sugiharso, SPd selaku ketua PGRI Kecamatan Sukorambi menyampaikan rasa syukur apa yang terjadi hanya kesalahan pemahaman sehingga semua saling memahami dan tidak ada namanya penggusuran ataupun kedholiman yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN Dukuhmencek 02 dan pak Supandi sudah bersedia mengosongkan rumah dinasnya dan mendapatkan rumah kontrakan yang layak serta pihak sekolah sudah memberikan bantuan biaya untuk pindah ke rumah kontrakan dan aktivitas pak Supandi masih tetap menjadi tukang kebun, memang semua ini pentingnya komunikasi biar tidak lagi terjadi kesalahpemahaman.” Pungkasnya.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login