Wisata Kebun, Wisata Hutan Lindung dan Wisata Pantai Bande Alit Tinggal Dipoles 3 Komponen Khusus

Sinopsis.co.id, JEMBER – 17 Mei 2023.
Perjalanan menuju pantai Bande Alit Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dari kota Jember membutuhkan waktu sekita 4 jam dengan mobil. Sepanjang perjalanan melewati perkebunan dan memasuki jalan utama menuju pantai Bande Alit kita akan disajikan jalan naik turun berkelon, kanan kiri pohon menjulang tinggi serta jurang curam. Ketahanan fisik sangat penting jika ingin berwisata ke pantai Bande Alit karena kita akan disajikan jalan makadam berbatuan yang menurut masyarakat merupakan JALAN TOL – JALAN TOL NGANTO.

Pantai Bande Alit betul-betul ASRI belum ada sentuhan komersial. Pantai yang eksotik ini bisa menjadi potensi wisata yang mendunia jika sarana prasarana diperhatikan secara khusus oleh pemerintah.

Baca Juga  Muhammad Faizin Ditemukan Tewas Mengambang Di Pantai Papuma

Nanang Handono Prasetyo, mantan Direktur Kementrian PUPR yang berkunjung wisata di Pantai Bande Alit menyampaikan bahwa Bande Alit sangat berpotensi menjadi wisata mendunia jika didukung oleh pemerintah dan investor. Jalan sepanjang 20 km berbatu ex makadam seharusnya dibangun dengan konstruksi khusus dimulai dari jalan PANSELA ( Lintas Selatan) yang terputus disambung kembali tembus ke Pantai Bande Alit.

Potensi wisata Bande Alit dimana disitu ada 2 teluk sebagai Breakwater/peredam ombak tempat nelayan bersandar berpotensi sebagai WISATA NELAYAN dan karang yang luar biasa bisa menjadi potensi WISATA LAUT ditopang lagi dengan WISATA TALI yang sekarang banyak di negara lain sangat bisa untuk dikembangkan. Ungkap Nanang Handono.

Baca Juga  Perbedaan Tidak Perlu Ditiadakan Tapi Biarlah Perbedaan Berjalan Dengan Indah Damai Dan Harmoni.

Nanang Handono Prasetyo menambahkan sebelum masuk menuju pantai Bande Alit kita melewati area perkebunan yang luas yang bisa dieksplore menjadi WISATA KEBUN, dan akan melewati area hutan lindung dimana ada bunga langka RAFLESIA ARNOLDI dihutan lindung bisa menjadi WISATA HUTAN LINDUNG. Dari potensi wisata yang ada nantinya akan berkembang lagi UMKM atau produk andalan Jember dengan berdirinya Home Stay dan villa. Dengan banyaknya wisatawan datang tentunya akan menaikkan kesejahteraan masyarakat Bande Alit karena sektor ekonomi akan menggeliat bergerak naik. Kunci utamanya ada 3 komponen untuk menggerakkannya yaitu :
1. Infrastruktur jalan.
2. Bangunan atau sarana tempat wisata.
3. Inofasi kerjasama lintas sektoral.
Apalabila ketiga komponen ini dilaksanakan maka ketiga potensi wisata menuju Pantai Bande Alit akan tercipta yaitu wisata kebun, wisata hutan lindung,wisata pantai yang secara otomatis akan muncul wisata kuliner. Pungkas Nanang Handono.

Baca Juga  Bupati Jember Bersilaturrahmi Berkonsolidasi Bersama 20 Komunitas Relawan SAHABAT BUPATI JEMBER Bahas 3 Permasalahan Penting.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login