KSR PMI Unit Polije Gandeng HMJ Teknik Gelar Donor Darah Sukarela. Stok Darah UDD PMI Aman,

Sinopsis.co.id, JEMBER – 21 Maret 2023.
Menjelang puasa Ramadan 1444 H, PMI Kabupaten Jember memastikan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI aman. Hingga Selasa, 21 Maret 2023 ada sekitar 800 kantong tersimpan diruang penyimpan UDD PMI Kabupaten Jember. Meski demikian kegiatan donor darah tetap berlangsung dengan jumlah kantong darah yang dihimpun dibatasi.

Peserta donor darah Polije,21 Maret 2023

Seperti yang dilakukan oleh KSR PMI Unit Politeknik Negeri Jember (Polije) yang dibatasi maksimal 50 kantong. Padahal, biasanya KSR PMI Unit Polije menggelar kegiatan donor darah selama tiga hari berturut-turut dengan hasil kisaran 150 kantong darah. KSR PMI Unit Polije bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) teknik Polije saat menggelar kegatan donor darah.

Baca Juga  MUTASI GURU PNS, P3K DAN GTT DINAS PENDIDIKAN JEMBER

Edy Wicaksono, SP ketua bidang Komunikasi dan Informasi PMI kabupaten Jember menjelaskan Alhamdulillah stok darah di UDD PMI Kabupaten Jember sampai hari ini aman, ada sekitar 800 kantong di UDD PMI, ungkap Edy Wicaksono.

Sementara itu, Siti Maimunah ketua panitia kegiatan donor darah Polije menjelaskan bahwa antusiasme mahasiswa ikut donor darah rutin digelar oleh KSR PMI Unit Polije luar biasa. Banyak mahasiswa yang mendaftar ikut donor darah yang dilaksanakan di depan Aula Soetrisno Widjaja Polije. “Donor darah ini kegiatan rutin KSR PMI Unit Polije dan selalu banyak yang daftar seperti donor darah kali ini. Donor darah ini kerjasama dengan HMJ Teknik Polije,” kata Siti Maimunah.

Baca Juga  Jember Kota Pendidikan Sungguh Memprihatinkan Ada 915 Anak Putus Sekolah Di 8 Desa Temuan UNICEF

Lebih lanjut Siti Maimunah menjelaskan, sejatinya banyak mahasiswa yang ikut ambil bagian dalam kegiatan donor darah. Banyak yang ikut menjadi peserta, total ada 84 tetapi yang lolos screening hanya 35 orang dan 49 batal ikut donor karena berbagai alasan seperti tensi terlalu rendah atau terlalu tinggi, ada juga berat badan tidak memenuhi syarat dan lain-lain,” ungkapnya.

Berdasarkan data informasi stok darah yang disampaikan humas PMI Kabupaten Jember, Selasa, 21 maret 2023 pukul 13.16 Wib tercatat golongan darah A komponen darah WB = 5, PRC =161, TC =6 dan FFP = 24 kantong, sedangkan golongan darah B komponen darah WB = 5, PRC =228, TC = 7 dan FFP = 26 kantong.

Baca Juga  Ngabuburit Ramadhan 1444 H dengan Berbagi Takjil, PMR Madya SMPN 1 Sukorambi Jember

Untuk golongan darah AB jenis komponen darah WB = 2, PRC =56,TC =1 dan FFP=6 kantong, dan golongan darah O jenis komponen darah WB = 3, PRC =283, TC =26 dan FFP = 42 kantong.

Sumber : Humas PMI Jember
Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login