PENILAIAN SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT PROPINSI DI SMPN 1 TANGGUL

Sinopsis.co.id. Jember – 17 Januari 2023
Penilaian akhir team Adiwiyata Kabupaten Jember di SMPN 1 Tanggul, Senin 16 Januari 2023 dihadiri oleh :
1. Sekdin DLH Drs.Sutarman,MSi
2. Kabid Tata Lingkungan DLH Lily Rismawati,S.Sos
3. Penyuluh lingkungan hidup : Mentik Diyah Andayani,SH.
4.KS SMPN 1 Tanggul, Bpk Surawi,SPd.MPd.
6. Dewan Guru SMPN SMPN 1 Tanggul dan
7. Team penilai Adiwiyata Kab.Jember tahun 2022.

KS SMPN 1 Tanggul, Surawi,SPd.MPd menyampaikan sudah siap menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan siap menerima masukan dari team penilai sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember untuk kemajuan sekolah dan persiapannya menuju sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Timur, Nasional sampai Mandiri. Ungkap Surawi.

KS SMPN 1 Tanggul, Surawi,SPd.MPd mendampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kabid Tata Lingkungan DLH Jember, Senin 16 Jan 2023

Lebih lanjut Surawi,SPd MPd menyampaikan bahwa kondisi sekolah SMPN 1 Tanggul yang sejuk dan asri ini tidak lepas dari peran serta aktif semua stake holder yang ada, wali murid, siswa, komite sekolah, dewan guru, alumni SMP 1 Tanggul, kepala desa, koramil dan juga polsek tanggul. Harapan kedepan SMPN 1 Tanggul bisa meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri setelah Propinsi dan adiwiyata Nasional. Surawi menambahkan.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus Universal Line Dance Periode 2023 - 2028 Di Grand Hotel Valonia Berlangsung Meriah dan Sukses

Sekdin DLH Kab.Jember Drs.Sutarman,MSi menyampaikan harapannya yaitu meningkatnya peraih penghargaan sekolah Adiwiyata yang ada dan tetap menjaga komitmen mengawal 4 sekolah SMP yang mempersiapkan menuju sekolah Adiwiyata tingkat propinsi dan berharap semuanya bisa lolos meraih penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi, Nasional dan penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI nantinya. Ungkap Sutarman.

Drs.Sutarman,MSi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Jember, Senin 16 Jan 2023

Lebih lanjut Sutarman menambahkan langkah berikutnya adalah mengirim semua data calon sekolah Adiwiyata tingkat propinsi ke DLH Propinsi Jawa Timur paling lambat tanggal 21 Januari 2023. Sambil menunggu informasi lebih lanjut dari DLH Propinsi, DLH bersama Dinas Pendidikan Jember akan melakukan pembinaan terutama ke 9 peraih adiwiyata kabupaten Jember karena yang 4 sekolah sudah mengikuti pragam Adiwiyata tingkat propinsi. Sebagai penutup sambutannya Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Drs.Sutarman,MSi menutup dengan pantun:
Pergi ke Bali sampai me Bedugul.
Wilayahnya sejuk bebas polusi.
Luar biasa SMPN 1 Tanggul.
Berupaya meraih Adiwiyata Propinsi.

Kabid Tata Lingkungan DLH Kab.Jember, Lily Rismawati,S.Sos menyampaikan kekagumannya ke SMPN 1 Tanggul, pertama masuk sudah disambut dengan burung cinta ( Love Bird ) yang menandakan bahwa SMPN 1 Tanggul sangat cinta terhadap lingkungan dan ini momentum yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dan budaya peduli lingkungan. Ungkap Lily Rismawati.

Baca Juga  Kepala Biro Jember Media Sinopsis, Mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Prof.Dr. H.Aminullah Elhady,M.Ag Sebagai Ketua PD Muhammadiyah Jember
Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Lily Rismawati Tampak Enjoy Menikmati indahnya Alam SMPN 1 Tanggul, Senin 16 Jan 2023
Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Lily Rismawati Tampak Enjoy Menikmati indahnya Alam SMPN 1 Tanggul, Senin 16 Jan 2023

Lily Rismawati melihat kondisi sekolah Adiwiyata SMPN 1 Tanggul yang begitu indah dan saya optimis bisa meraih penghargaan Adiwiyata tingkat propinsi.

Tentang sekolah Adiwiyata, Lily Rismawati S.Sos menjelaskan dasar hukum pelaksanaannya antara lain :
1. Undang-undang Dasar 1945 pasal 28H ayat (1) “setiap orang berhak sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”
2. Permen LHK No. 52 Tahun 2019 Tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).
3.Permen LKH No. 53 Tahun 2019 Tentang Penghargaan Adiwiyata.
4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata, Lily Rismawati menjelaskan bahwa sekolah haruslah menciptakan budaya dan peduli lingkungan. Sekolah harus bekerjasama atau bermitra dengan berbagai pihak, serta adanya peningkatan dan pengembangan mutu berbasis lingkungan hidup. Dan yang paling penting adalah, seluruh warga sekolah harus berkarakter dan berbudaya lingkungan hidup dalam kegiatan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Pungkas Lily Rusmawati.

Baca Juga  Halal Bi Halal Pengurus, Pegawai dan Relawan PMI Saling Maaf Memaafkan
Team Penilai dipimpin Ibu Mentik menilai Administrasi SMPN 1 Tanggul, Senin 16 Jan 2023

Kegiatan penilaian akhir persiapan calon sekolah adiwiyata ( CSAP) tingkat propinsi di SMPN 1 Tanggul ditutup doa dan dilanjutkan pengecekan administrasi oleh team penilai Adiwiyata Kab. Jember Tahun 2022 yang dipimpin penyuluh lingkungan hidup, Mentik Diyah Andayani,SH. Hasil dari pengecekan administrasi SMPN 1 Sumberbaru mendapat nilai sudah ada dibatas minimal. Semoga dokumen yang ada bisa dibuktikan dan dipertanggungjawabkan sehingga ketika tim penilai adiwiyata Provinsi Verifikasi lapangan nilai tidak turun drastis. Alhamdulillah kami team penilai sangat bersyukur dan berterima kasih kepada team adiwiyata SMPN 1 Tanggul atas semangatnya sehingga dokumen pendukung mendekati sempurna karena hanya ada sedikit dokumen yang perlu disempurnakan. Pungkas Mentik Diyah Andayani.

Silahkan Login