Penilaian CSAP SMPN 01 BALUNG Mendekati Sempurna

Sinopsis.co.id. Jember – 13 Jan 2023.
Team penilaian akhir calon sekolah Adiwiyata propinsi kabupaten Jember terus bergerak melakukan serangkaian kegiatan persiapannya. Untuk hari ketiga, team penilaian Adiwiyata kabupaten Jember berada di SMPN 1 Balung, kamis 12 Januari 2023.

Kedatangan team Adiwiyata ke SMPN 1 Balung disambut Kepala Sekolah Moh.Rokhim,SPd.MPd beserta dewan guru dan tendik. Selanjutnya team Adiwiyata disuguhkan hiburan tari, yel-yel Adiwiyata dan lagu mars Adiwiyata yang dibawakan oleh siswa-siswi SMPN 1 Balung dengan riang gembira penuh semangat.

Kepala sekolah SMPN 1 Balung, Moh.Rokhim,SPd.MPd dalam wawancara bersama media Sinopsis.co.id menyampaikan bahwa penghargaan Adiwiyata bukanlah tujuan utama dari serangkaian kegiatan gerakan budaya dan peduli lingkungan. Hal yang paling penting dan utama dari gerakan budaya peduli lingkungan ini adalah bagaimana pendidikan karakter ini betul-betul tertanam dalam jiwa siswa sehingga mampu merubah sikap prilaku dan mindset semua stake holder yang ada dilingkungan sekolah serta bisa menerapkannya setelah kembali ke rumah atau dilingkungan masyarakat. Ungkap Moh.Rokhim.

Baca Juga  Program Istimewa Untuk Disabilitas "BLK JEMBER RAMAH DISABILITAS"
Moh.Rokhim,SPd.MPd memberikan sambutan saat penilaian CSAP di SMPN 1 Balung, Kamis 12 Jan 2023

Lebih lanjut Moh.Rokhim menyampaikan bahwa untuk menciptakan lingkungan asri nyaman seperti sekarang ini tentunya tidak sedikit biaya yang dikeluarkan. Untuk permasalahan biaya tentu tidak bisa dari sekolah saja, namun sinergi kolaborasi antara wali murid, komite sekolah dan sekolah sehingga timbul kesadaran dari semua yang ada melalui komitmen program bersama menanam pohon 1 murid, 1 guru 1 pohon sehingga kondisi sekolah adem nyaman meskipun jam 12 siang. Dan alhamdulillah pihak dinas lingkungan hidup juga memberikan bantuan 1925 pohon untuk ditanam dilingkungan sekolah dan dirumah siswa SMPN 1 Balung. Pungkas Moh.Rokhim.

Sebelum penilaian administrasi dimulai, Drs.Sutarman,MSi selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa selesai tahapan pertama penghargaan Adiwiyata Kabupaten berupa penghargaan piagam dan trophi oleh Bupati Jember Ir.Hendy Siswanto,ST.IPU, selanjutnya melangkah ke tahapan berikutnya Adiwiyata Propinsi yang ditunjuk yaitu 4 sekolah diantaranya MTS Baitul Hikmah Tempurejo, SMPN 1 Sumberbaru, SMPN 1 Balung dan SMPN 1 Tanggul. Ungkap Sutarman.

Baca Juga  FLS2N Mayang Lancar dan Sukses Meskipun Diiringi Rintik Hujan
Sambutan Sekretaris DLH, Drs.Sutarman,MSi saat penilaian CSAP di SMPN 1 Balung, Kamis 12 Jan 2023

Sutarman menambahkan sebagai persyaratan CSAP harus dilakukan penilaian dulu oleh team Adiwiyata kabupaten, tetapi yang memberi nilai adalah Team Adiwita Propinsi setelah dichek dokumennya diupload ke propinsi dan akan keluar nilai dengan sendirinya. Adapun akhir persiapan penilaian paling lambat 21 Januari 2023 untuk pengiriman dokumen. Jangan kuatir kita akan kawal sepenuhnya dengan harapan 4 sekolah yang ada bisa lolos Adiwiyata Propinsi. Sebagai motivasi untuk SMPN 1 Balung, Sutarman memberikan hadiah pantun:
Pergi ketoko emas membeli kalung. Pulangnya membeli pepaya dan selasih. Sungguh luar biasa SMPN 1 Balung. Berupaya untuk masuk propinsi.

Kabid Tata Lingkungan DLH Jember, Lily Rismawati,S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekolah memiliki tanggung jawab sosial besar untuk menyediakan wadah bagi tiap murid dalam membemtuk pribadi berkarakter, integrasi pengetahuan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup didalam pembelajaran. Hal ini bermanfaat bagi pendidikan karakter murid, pengayaan ketrampilan guru dan staf dalam pelestarian lingkungan hidup. Ungkap Lily Rismawati.

Baca Juga  Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SDN Panti 03 Kecamatan Panti Kab.Jember
Kabid Tata Lingkungan DLH, Lily Rismawati,S.Sos memberikan motivasi penilaian CSAP di SMPN 1 Balung, Kamis 12 Jan 2023

Lebih lanjut Lily Rismawati menambahkan hal ini dapat diwujudkan dengan menerapkan sekolah adiwiyata dan telah membina sekolah – sekolah untuk menjadi adiwiyata kabupaten. Kami tim verifikasi dan penilaian akhir CSAP sangat mengapresiasi semangat dari para guru,anak didik dan warga sekolah untuk maju ke jenjang sekolah adiwiyata tingkat propinsi. Satu pesan moral dari kami tim penilai CSAP yaitu mari kita wujudkan sekolah Adiwiyata untuk membentuk murid-murid berkarakter peduli lingkungan. Pungkas Lily Rismawati.

Penyuluh Lingkungan Hidup, Mentik Diyah Andayani,SH melakukan penilaian administrasi CSAP 2023 di SMPN 1 Balung, Kamis 12 Januari 2023

Untuk penilaian akhir SMPN 1 Balung berdasarkan hasil pengecekan administrasi yang dipimpin penyuluh lingkungan hidup, Mentik Diyah Andayani,SH. Hasil nilai SMPN 1 Balung 97,30. Kami bersyukur dan berterimakasih kepada team Adiwiyata SMPN 1 Balung atas semangatnya yang luar biasa. Pungkas Mentik Diyah Andayani

Silahkan Login