Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Tingkat Kecamatan Sukorambi Di Desa Sukorambi Bahas Desa ODF Dan Permasalahan Program Pembangunan Lainnya.

Sinopsis.co.id, JEMBER – 17 Juli 2024.
Rapat koordinasi lintas sektoral tingkat kecamatan Sukorambi dihadiri oleh Camat Sukorambi bersama jajarannya, Polsek, Posdanramil, Kades Se Kecamatan Sukorambi bersama perangkat desa, Puskesmas, TP PKK kecamatan, TP PKK desa, kader posyandu, pendamping desa, pendamping PKH berlangsung di pendopo desa Sukorambi, Selasa 16/07/2024.

Asrah Joyo Widono,S.Kep.SH.MSi selaku camat Sukorambi menyampaikan beberapa program kerja kecamatan yang dibahas bersama peserta rakor antara lain :
1). Desa ODF
5 desa di kecamatan Sukorambi masuk program desa ODF ( Open Defecation Free) yaitu desa yang bebas dari membuang air besar sembarangan. Di kabupaten Jember ada 10 kecamatan yang masuk kategori kecamatan ODF diantaranya kecamatan Sukorambi. Semoga pada saat verivikasi kabupaten masyarakat tidak BAB di sungai dan kecamatan Sukorambi lolos seleksi sampai tingkat propinsi.
2). Percepatan penurunan Stunting.
Kecamatan Sukorambi angka stunting mengalami penurunan luar biasa berkat kerja keras kades,perangkat desa, kader PKK, Posyandu, TPK dan kecamatan. Kendala yang ada yaitu tingkat partisipasi masyarakat yang hadir ke Posyandu dibawah 100%. Desa yang memenuhi syarat 100% adalah desa Dukuhmencek, Jubung 98% dan tiga desa lainnya masih 80%. Semoga kades yang lain bisa dengan cara berkoordinasi dengan bidan desa Dukuhmencek.
3). Senam Sehat dan pemeriksaan kesehatan.
Banyaknya penyakit tidak menular seperti linu-linu tulang disebabkan kurang adanya gerak tubuh dan pola hidup yang sering mengendarai motor ketika pergi keluar meskipun jaraknya dekat. Oleh karena itu pihak kecamatan mempunyai program senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis setiap hari Jumat di alun-alun Sukorambi.
4). Bidang pemerintahan ada program pengukuran batas desa untuk menghindari permasalahan yang timbul akibat batas desa. Program kedua yaitu Optimalisasi PBB dimana sejak dikeluarkannya PERBUP No.1 tahun 2024 tentang pajak daerah dan restribusi daerah ada perubahan kenaikan pajak dan untuk nilai penolehan objek pajak tudak kena pajak (NPOPKP) kalau dulu nilainya 60 juta sekarang 80 juta tidak kena biaya NPOPKP. Nantihya tgl 20 Juli 2024 kita datangkan BAPENDA untuk memberikan arahan kepada operator desa se kecamatan Sukorambi.
5). Terkait RKPDES 2025
Input data terkait usulan kegiatan dibtahun 2025 diharapkan pendamping desa mengawal kades dan memberikan arahan bagaimana pengisiannya terkait RKPDES dan pencairannya.
6) Rembug Stunting
Salah satu syarat untuk melaksanakan RKPDES tahun 2025 adalah desa sudah melaksanakan rembug Stunting. Nantinya pendamping desa melakukan pendampingannya.
7) Terkait PMKS
Pameran produk tanggal 2 – 4 Agustus 2024 semua desa menampilkan produk unggulannya (Expo). Hal ini sudah dirapatkan bersama TP PKK dan Kades. Anggaran pelaksanaannya sudah difasilitasi oleh DISPEMASDES melalui kode rekening yang ada di anggaran desa.

Baca Juga  AAN KURNIAWAN, S.Pd, KEMBALI NAHKODAI PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN LEMONG

Camat Sukorambi Asrah Joyo Widono berharap untuk pelaksanaan kegiatan HUT RI ke 79 untuk menghindari acara yang berbenturan, kepala desa berkoordinasi dengan Muspika karena ini terkait dengan pengamanan kegiatan dan kami juga ingin hadir di kegiatan HUT RI yang ada di desa, ungkap Asrah.

Sementara itu Agus Sugiharso,SPd selaku ketua panitia HUR RI tingkat Kecamatan Sukorambi menyampaikan adanya perubahan jadwal kegiatan diantaranya :
1). Karnaval umum yang semula dijadwalkan tgl 24 Agustus 2024 ditiadakan karena bersamaan dengan kegiatan karnaval umum desa Dukuhmencek dan desa lainnya.
2). Karnaval PAUD yang semula dilaksanakan tgl 31 Agustus 2024 dimajukan menjadi tanggal 24 Agustus 2024 karena bersamaan dengan acara TAJEMTRA. Adapun karnaval PAUD ini dilaksanakan bersama IGTKI, IGRA dan HIMPAUDI, ungkap Agus Sugiharso.

Baca Juga  娘の名前を「ベラジョン無料版」にしようと思ってるんやが

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login