Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri sekaligus membuka Konferensi Kabupaten IV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Barat Masa Bakti 2024-2027

PESISIR Barat- sinopsis.co.id, Bupati Pesisir Barat (Pesibar), Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., menghadiri sekaligus membuka Konferensi Kabupaten IV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pesisir Barat Masa Bakti 2024-2027 dengan tema ” Meningkatkan Kebersamaan Menuju Pers Yang Lebih Propesional & Berkualitas”, di Aula Hotel Sartika Pekon Seray Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu 03/07/2024

Selain Bupati Pesibar hadir juga dalam kegiatan tersebut, perwakilan Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) Pesibar, Ketua PWI Provinsi Lampung, H. Wirahadikusumah, S.P beserta jajajaranya dan seluruh jajaran pengurus PWI Kabupaten Pesibar.

Dalam sambutan Ketua PWI Pesibar, Agustiawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap panitia yang telah bekerja sama menyelenggarakan acara ini.
“Terimakasih Kepada Bupati Pesibar yang telah memberikan dukungan penuh, semoga PWI kedepannya akan lebih maju dan berkembang dalam rangka mendukung pembangunan di Kabupaten Pesibar kearah yang lebih lbaik lagi,” tutur Ketua PWI Pesibar, Agustiawan,

Selanjutnya Ketua PWI Provinsi Lampung, H. Wirahadikusumah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pesibar beserta jajaranya yang telah menyambut baik kedatangan kami di Kabupaten Pesibar, Negeri para Sai Batin dan Para Ulama.
“Kami persatuan PWI akan terus berupaya memberikan kontribusi yang fositip bagi masyarakat Pesibar, sesuai dengan tupoksi kami sebagai Wartawan Indonesia, memberikan informasi yang benar, tepat dan akurat, terus mempromosikan event-event yang digelar di Kabupaten Pesibar, dalam rangka mendukung kemajuan Kabupaten Pesibar menuju Kabupaten yang maju, makmur, dan sejahtera,” pungkas Ketua PWI Provinsi Lampung, H. Wirahadikusumah.

Baca Juga  Renovasi Taman Kantor Kecamatan Patrang Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Nyaman Untuk Produktivitas Kerja..

Sementara itu Bupati Agus Istiqlal mengatakan, kegiatan yang diadakan oleh PWI Kabupaten Pesibar hari ini, membawa misi dan tujuan yang mulia demi terwujudnya insan pers/jurnalis menjadi wartawan Indonesia yang independent dan profesional tanpa memandang suku, agama dan golongan maupun keanggotaan organisasi politik dan organisasi kemasyarakatan.
“Keberadaan organisasi PWI sebagai wadah tempat berkumpulnya para insan pers dan wartawan indonesia memiliki arti yang sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten Pesibar sebagai mitra publikasi kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan maupun juga berfungsi sebagai sosial kontrol baik dalam pembuatan kebijakan maupun pada tataran pelaksanaannya,” ungkap Bupati Agus Istiqlal.

Selanjutnya pemerintah dalam hal ini tidak bisa berdiam diri dan berlepas tangan karena persoalan itu melibatkan masyarakat banyak yang notabene ada tanggung jawab dan peran Pemerintah di dalamnya untuk ikut terlibat menanganinya.
“Sehubungan dengan itu, Pemerintah memerlukan bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk media, insan pers, wartawan dan ormas-ormas kemasyarakatan lainnya. sehingga berbagai persoalan bisa diselesaikan dengan baik dan optimal. untuk menangkal hoax, pers berperan sebagai penyaji pemberitaan yang benar, sesuai fakta, dan berimbang. media harus jelas dan tegas menjunjung profesionalisme pers. pers harus independen, memihak kebenaran dan kepentingan rakyat, serta tidak takluk pada kepentingan lainnya,” tegas Bupati Agus Istiqlal.

Baca Juga  Sistem Merit ASN, SISTEM Kompetensi Jenjang Karir ASN Antara Pusaran Kepentingan Kekuasaan

Penguatan peran pers harus senantiasa dilakukan agar organisasi ini bisa lebih banyak lagi memberikan kontribusi bagi kepentingan masyarakat. hal ini ditandai dengan adanya UU pers no 40/1999 yang mengatur ruang dalam pola melaporkan fakta, serta latar belakang kepentingan di balik industri pers.
“Pemerintah Daerah Kabupaten Pesibar sebagai mitra dengan PWI berharap ke depannya PWI tetap berkomitmen menyajikan berita yang akurat, tepat dan berimbang, sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar,” pinta Bupati Agus Istiqlal.

Buatlah terobosan-terobosan baru yang visioner dan memperkuat visi, misi, tujuan, upaya dan sasaran dunia pers dalam mengembangkan keprofesionalitas serta martabat insan pers yang terukur, terencana dan komprehensif.
“Harapan kami untuk ketua PWI Pesibar yang terpilih nantinya dapat berkomunikasi dengan baik antara PWI dengan pemerintah dan antara PWI dengan masyarakat, serta sekaligus dapat mengembangkan dunia pers di Kabupaten Pesibar ke arah yang lebih maju lagi,” tandas Bupati Agus Istiqlal, ( Udho Rifki )

Silahkan Login