Masyarakat Sekitar TPA Ambulu Terancam Polusi Udara dan Pencemaran Air Sumur

Sinopsis.co.id, JEMBER – 26 Juni 2024.
Tempat pembuangan akhir sampah Ambulu yang berada di dusun Langon Desa Ambulu Kecamatan Ambulu seluas kurang lebih 1 hektar perlu mendapatkan perhatian serius dari pemkab Jember melalui dinas terkait yaitu dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten Jember.

Berdasarkan informasi dari ketua RT 02 RW 20 bapak Imam RH yang kesehariannya bekerja di TPA Ambulu menyampaikan bahwa biasanya setiap tahun ada alat berat yang dikirim ke TPA Ambulu untuk merapikan dan membawa sampah keatas atau dipinggirkan sehingga sampah tidak meluber kejalan.

Bapak Imam RH selaku ketua RT 02 RW 20 Dusun Langon berharap dinas lingkungan bisa mengirim alat berat minimal 6 bulan sekali untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di TPA Ambulu. Akibat dari tidak adanya alat berat selama 2 tahun berjalan ini yaitu mulai tahun 2023, sampah yang ada dibakar agar tidak overload kapasitas sampahnya. Namun akibat dari adanya pembakaran sampah ini masyarakat sekitar mengeluh karena terjadi polusi udara. Selain itu masyarakat juga mengeluh terjadinya pencemaran air sumur ketika musim hujan datang,ungkap Imam RH.

Baca Juga  Pemulihan Stunting Untuk 55 Balita dan Ibu Hamil Dengan PMT Di Desa Pancakarya Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Berdasarkan informasi petugas yang ada di TPA Ambulu bahwa setiap harinya ada sekitar 50 kubik sampah masuk ke TPA dengan luasan sekitar 1 hektar dengan sarana yang ada antara lain :
1. Truck sejumlah 1 unit yang mengangkut sampah 1 Rit tiap harinya.
2. Gerobak sampah sejumlah 15 unit yang mengangkut sampah setiap unitnya sebanyak 3 rit perhari.
Harapan dari petugas yang ada tidak jauh berbeda dengan harapan ketua RT 02 RW 20 pak Imam RH yaitu perlu adanya alat barat yang masuk minimal setahun sekali agar sampah tidak dibakar karena jelas berdampak polusi udara bagi masyarakat sekitar TPA.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login