Program 0 (Nol) Rupiah Untuk PMI Libatkan Bank Jawa Barat, Disaksikan Kadisnaker Propinsi Jawa Timur

Sinopsis.co.id, JEMBER – 3 Juni 2024
Kehadiran kepala dinas tenaga kerja propinsi Jawa Timur Sigit Priyanto,ST.MM dalam rangka optimalisasi perlindungan tenaga kerja migran di Jawa Timur melalui penanganan kasus lintas sektoral kolaboratif berkelanjutan disambut dengan suasana kekeluargaan disnaker Jember dan berterimakasih kepada Kadisnaker Propinsi Jatim atas perhatiannya hadir ke Jember.

Drs.Suprihandoko,MM selaku Kadisnaker Jember menyampaikan bahwa program disnaker Jember yaitu 0 rupiah menjadi PMI mendapatkan perhatian dan menjadi program disnaker Jatim. Setiap calon PMI dipastikan harus ikut pelatihan sampai mendapatkan sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dengan menyiapkan knowledge, language, attitude dan skill. PMI harus memahami ilmu dan ketrampilannya, baru diproses Paspornya, diterbitkan ID Cardnya kemudian kerjasama dengan bank untuk menalangi biaya pemberangkatannya.

Baca Juga  Blusukan Ke Panti Asuhan Assufyan PMR SMK 4 Pancasila Sosialisasikan Pola Hidup Bersih Dan Sehat

Dipastikan kedepan perlindungan tenaga kerja Indonesia dari Jember tidak boleh berangkat dengan prosedur tidak benar, tidak boleh meninggalkan hutang atau menjual assetnya. Dengan program 0 rupiah kita carikan mitra, setelah bekerja tandatangan kontrak baru kita konek dengan agen luar negeri dan pihak ketiga yaitu Bank dan agen untuk dipotongkan biayanya.

Drs.Suprihandoko,MM lebih lanjut menjelaskan disnaker bekerjasama dengan P3TK ( petugas pendamping pelatihan tenaga kerja) untuk melatih para calon PMI. Latihannya di Jember dan bila calon PMI ada 20 orang maka Disnaker cukup mendatangkan instrukturnya tanpa biaya.

Alhamdulilah adanya sosialisasi pelatihan kerja dan penempatan kerja prosedural di Balai Desa Kertosari dihadiri kepala disnaker propinsi Jatim, Ibu Tina Disnaker Propinsi bagian penempagan tenaga kerja, Direktur P3MI, BPJS Ketenagakerjaan bpk Dadang, pihak ketiga Bank Jawa Barat mendapatkan sambutan antusiasme dari masyarakat dan calon PMI. Dan berita baiknya adalah program 0 rupiah Disnaker Jember mendapatkan respon positif kadisnaker propinsi Jatim Sigit Priyanto,ST.MM, P3TK, petugas antar kerja bahkan Kadisnaker Jatim menyampaikan bahwa Disnaker Jember akan dijadikan Disnaker percontohan, pungkas Suprihandoko.

Baca Juga  Sholat Subuh Berjamaah Di Kecamatan Arjasa. Tidak Mungkin Jember Bisa Dibangun Hanya Oleh Bupati Tapi Harus melibatkan Peran Serta Seluruh Masyarakat.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login