SDN PANTI 03 Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Propinsi Jawa Timur

Sinopsis.co.id, JEMBER – 4 Februari 2024
Adiwiyata merupakan sebuah penghargaan yang diberikan pemerintah sejak tahun 2006 kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) sesuai dengan amanah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: P.53/ MENLHK/ SETJENIKUM.1/ 9/ 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor: 23 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan nomor: P 52/MENLHK/SETJENIKUM. 1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.

Pada tahun 2024 berdasarkan data yang masuk ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember ada 17 sekolah yang terdiri dari 16 sekolah SD,SMP,MTS dan 1 SMK Negeri 5 Jember sudah mengajukan peningkatan status dari sekolah Adiwiyata Kabupaten ke tingkat Adiwiyata Propinsi.

Baca Juga  Sederhana Penuh Makna Dihari Bhayangkara ke 78 Di Polsek Arjasa.

Silahtur Ruhmi,SPd selaku KS SDN Panti 03 menyampaikan bahwa SDN Panti 03 penerima penghargaan sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember tahun 2022 sudah siap untuk dilakukan penilaian sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Jawa Timur. Kami sudah mempersiapkan persyaratannya baik administrasi maupun tata kelola lingkungan hidup di sekolah dengan harapan nantinya SDN Panti 03 lolos dan ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Propinsi Jatim,ungkap Silahtur Ruhmi.

Sedangkan Ahmad Sugiarto salahsatu team validasi DLH yang melakukan verivikasi di SDN Panti 03, Kamis 3 Februari 2024 menyampaikan bahwa validasi data di SDN Panti 03 merupakan langkah penilaian dokumen apa yang masih kurang sempurna untuk disempurnakan oleh pokja masing-masing di sekolah sebelum dokumen persyaratan Adiwiyata Propinsi dikirimkan ke DLH Propinsi Jawa Timur.

Baca Juga  Challenges and Solutions in Natural Language Processing NLP by samuel chazy Artificial Intelligence in Plain English

Kehadiran pendamping Adiwiyata dari DLH di SDN Panti 03 ini untuk validasi data administrasi dan lapangan dimana pintu gerbang verivikasi lapangan adalah dokumen, setelah itu verivikasi lapangan untuk singkronisasi antara data dokumen dengan kondisi riil lapangan, pungkas Ahmad Sugiarto.

Kepala Biro Jember : Lukman Hakim

Silahkan Login